12 Oktober 2008

Sang guru besar

Pernah nonton film Smart People? Itu tuh, yang maen si Ellen Page yang maen Juno



Ni film ceritanya tentang seorang profesor sastra yang kalo berhubungan sama orang lain nyebelin banget orangnya. Nah, sifat ini turun juga ke anaknya yang msh sekolah dan udah ketrima di Stanford. Ni cuplikannya



Di sini saya ga bakal ngebahas tentang film itu. Saya mau ngomongin film2 yang karakter utamanya profesor. Saya suka banget kalo ada film tokoh utamanya seorang profesor. Menurut saya, profesor tuh orangnya pasti pribadinya kompleks. Ga jarang juga yang kelakuannya aneh2 dan nyentrik.

Saya udah pernah diajarin dua orang profesor di kampus. Namanya Prof. Dr. A. Dja ama Prof. Dr. Soer. Kelakuan dua2nya juga bisa bikin alis berkerut. Contohnya kaya di kelas Prof. A. Dja. Kalo beliau udah selesai nerangin, biasanya mahasiswa dipersilakan buat nanya. Tapi, jangan kira pertanyaan dari mahasiswa bakal langsung dijawab. Beliau bakal nanya balik tentang yang ditanyain, apa inti pertanyaan, dan kalo beliau belum jelas juga tentang pertanyaannya, malah bilang pertanyaannya ga bener. Kalo udah gini, beliau bakal nerangin lagi soal yang ditanyain tadi, yang ada sekelas malah tambah bingung. Beliau juga pernah ngajar cuman setengah jam, masuk jam 8.00, selesai jam 8.30, tanpa keterangan apa pun. Pak Soer juga ga kalah ajaib. Beliau suka nyengir sendiri kalo lg ngajar. Beliau ngajar juga ga pernah berdiri, duduk terus di kursi.

Gimana tuh? Aneh kan. Seorang profesor yang pasti pinter banget. Selama ini kita cuman ngeliat seorang profesor kalo dia lagi ngajar di kelas doang. Tapi kehidupan dia sehari2 di luar urusan kuliah? Naaaah, ini yang kita ga tau. Lewat film lah kita bisa liat kaya gimana kira2 lika-liku hidup seorang profesor.

Ada dua film tentang profesor yang lagi mau saya tonton.

Pertama, Elegy.



Ni saya kasih liat cuplikannya



Yang maen Ben Kingsley ama Penelope Cruz. Ni film bakalan di puter di Blitz. Rencananya saya mau nonton di bioskop. Saya nonton Smart People di Blitz juga, sekdar info.

Yang kedua, judulnya The Visitor.



Ni cuplikannya



Kalo ini yang maen tapi ga terkenal. Saya ga sengaja liat resensinya disini. Menarik kan? Kalo yang ini kayanya ga ada di bioskop Indonesia, jadi saya akan nyari DVD bajakannya di Glodok. Mudah2an ketemu.

Nah, itu dia tuh dua film yang lagi saya nantikan. Ada beberapa judul film lagi yang tokohnya profesor.

Profesor yang ngobrol dan debat sama mahasiswanya ada di film Lions for Lambs. Ini film politik, film berat. Buat orang yang sukanya film2 Hollywood seperti biasa, mendingan jgn nonton ini. Bisa2 tidur bablas sampe pagi.

Ada juga film profesor yang pedofil, judulnya Lolita. Ceritanya diangkat dari buku yang judulnya sama karangan Vladimir Nabokov.

Ada juga nih film2 arus utama Hollywood yang tokoh utamanya profesor. Tapi ini bukan profesor biasa, tapi "professor in action". Contohnya film ini



Juga film ini



Naaaah, seru kan film2 yang karakter utamanya profesor. Kita bisa liat macem2 pribadi unik para guru besar itu. Ada yang bae, ada yang buruk. Tapi yang pasti, semuanya berkepribadian menarik.

Udah dulu ah

4 komentar:

Anonim mengatakan...

PERTAMAX!!!
Nice info gan! /top

bonk 181 mengatakan...

tank,s ya udah ksih saran buat blognya aku. salam kenal and tukeran link donk

Rival mengatakan...

belom nonton semua gw mo hahahhahahha......

komen lah di blog gw, masa cuman berkunjung

Tifani Dinda Nastiti mengatakan...

yah namanya juga professor.
pasti aneh lah, kepinteran.
mkanya jadi orang jangan kepinteran...
tpi jgn ke-bego-an juga sih:)