27 September 2008

Ngabuburit sendokiran


Hari ini, setelah bangun tidur jam stengah 11 , saya ga ada kerjaan, maklum udah masuk masa libur. Sebenarnya sih banyak tugas kuliah, tapi males bngt ngerjainnya. Kayanya msh banyak hal lain yang lebih menarik utk mengisi liburan drpd ngerjain tugas. Tadinya sih saya bersama keluarga rencananya mau ntn film Laskar Pelangi sekalian buka di luar, tapi akhirnya diundur jd hari senen karena takut msh rame dan ga dpt tempat duduk.

Setekah mikir2 bentar, akhirnya saya memutuskan utk pergi ke Gramedia Matraman. Tujuan utama saya mau nyari tempat pensil baru, karena tempat pensil saya yg lama udah rusak. sekalian juga liat2 buku dan nungguin buka puasa. Sebenarnya ada Gramedia yang lebih dekat dari rmh saya drpd Gramedia Matraman yg lumayan jauh, tapi kan saya nyari suasananya.

Jam stengah 2 berangkat lah saya dari rumah naik mikrolet favorit saya, M11. Turun di Slipi, langsung nyambung naik bis PPD 213. Selama perjalanan, jalan2 di Jakarta sepi dan lengang. Mungkin udah pada mudik kali orang2.

Ada empat pengamen yang menemani perjalanan saya secara bergantian selama di bis. Inilah urutan dan rinciannya:
1. Seorang bapak2 setengah baya bermain suling tanpa bernyanyi
2. Seorang nenek2 ompong berjilbab, kurus kering, ngamen pake speaker dan mikrofon yang dia jinjing tanpa diiringi musik apa pun, kayanya sih dia nyanyiin lagu2 tua, jd saya ga tau dia nyanyi apa.
3. Tiga orang remaja yang nyanyi lagu Dmasiv dan Seventeen dgn formasi lengkap ala pengamen yaitu dua buah gitar dan sebuah drum "seadanya" ala pengamen.
4. Dua orang remaja, tapi saya lupa nyanyiin lagu yang di bawain.

Di perjalanan saya juga melihat bioskop 21 Megaria ternyata udah berubah namanya jadi Metropole XXI. Sebenernya Metropole itu nama asli bioskop Megaria jaman dulu, tapi yang menarik di belakangnya udah ada label XXI. Berarti ni bioskop udah berubah jd lebih luks drpd yg dulu yg terlihat sngt butut dan suram. Gedungnya pun terlihat baru di cat ulang jadi terlihat lebih baru dan di depannya ada "XXI Garden Cafe". Saya sempat panik dulu waktu kabarnya gedung bioskop megaria ini udah dijual dan mau dirubuhkan buat dijadiin pusat perbelanjaan ato apalah. Padahal kan gedungnya itu gedung tua dari jaman Belanda berarsitektur art deco yang sayang banget kalo dirubuhin. Di depan bioskop itu saya juga melihat iklan kampanye Sutiyoso buat jadi presiden yang lumayan gede. Selain itu saya juga liat ternyata RSCM sedang direnovasi besar2an. Gedung yang dulu pernah jd tmpat kakek saya dirawat, sekarang udah kosong melompong kalau dilihat dari luar, tapi ga sampe dirubuhin.

Sampe di Gramedia, saya langsung meluncur ke bagian majalah di lantai dua. Lumayan lama saya di bagian ini. Pertama saya buka2 majalah film First. Saya lanjut baca Tempo, artikel ttg dua orang ustadz baru yang di setiap majelisnya selalu rame diikuti orang sampe membludak, trus resensi film baru Hanung Bramantyo yang blom rilis, Doa yang Mengancam, sama wawancara KH Sahal Mahfudh yang ngomongin ttg Gus Dur yg udah banyak dimanfaatin oleh orang di sekelilingnya dan masalah tragedi pembagian zakat di Pasuruan. Terakhir saya baca U-Mag yang ngebahas tentang kalangan sosialita di Jakarta. Yang menarik dari artikel itu ternyata ada 2 macam sosialita, yaitu sosialita tulen yang emang dari dulu udah bergaul lama sesama kalangannya, dan socialite wanna-be atau disebut jg social climber yg jd sosialita buat keren2an doang.

Setelah selesai buka2 majalah, saya bergerak ke bagian lain liat2 buku. Ternyata buku Laskar Pelangi udah ada edisi barunya yg covernya memakai gambar poster filmnya. Trus saya naik ke lantai tiga. Saya ke bagian novel sejarah dan melihat novel Gajah Mada yang ke3, 4, dan 5. Harganya udah naik jadi di atas 90 ribu semua. Banyak bngt ya naiknya. Padahal saya berencana mau beli tiga2nya abis lebaran utk melengkapi koleksi saya yg baru punya yang pertama ama yg kedua. Terus saya pindah ke bagian buku sosial politik. Saya melihat buku yang sudah lama saya cari, 'Kebenaran yang Hilang' karangan Farag Fouda. Buku ini isinya ttng sejarah kelam jaman kekhalifahan yang ga pernah diceritain selama ini. Karena isi bukunya kontroversial, si Farag Fouda itu mokat dibunuh ama seorang fundamentalis. Saya jadi mikir, apa FPI ga ngamuk yah buku yang kaya begini diterbitin di Indonesia? Harganya 53 ribu jadi saya ga beli. Lha wong saya cuma punya uang 50 ribu, itu jg harus beli tempat pensil baru. Tar aja deh belinya pake uang lebaran.

Keadaan Gramedia waktu itu ga rame2 amat kaya biasanya tp juga ga sepi2 amat. Seperti biasa selalu ada banyak perempuan2 rupawan di Gramedia yg satu ini. Saya sih liat2 aja ke mereka sambil pura2 buka2 buku.

Setelah selesai liat2 buku, saya langsung ke lantai satu buat beli tempat pensil. Setelah muter2 nyari di mana bagian tempat pensil, akhirnya saya beli tempat pensil kaleng bergambar karakter kartun favorit saya waktu kecil, Snoopy, dengan harga 25 ribu. Saya jg beli tip ex baru karena tipex saya hilang di kampus.

Saya pulang naik bis yang sama dan mikrolet yang sama. Sampe di rumah pas jam 6 jd saya bisa langsung buka deh.

Perjalanan yang cukup menyenangkan walopun cuman sendirian.

Udah dulu ah.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mo kalo bisa dibubuhi dengan gambar2 yg menarik dong! Kaya' foto bioskopnya atau gramedianya. Bawa selalu kamera saku klo jalan.

Ohhh iya klo gw boleh ngasih kritik, background lw terlalu merah menyala. Berhubung blog lw banyak tulisannya, jadi payah klo mau baca.